7 Alasan Sepakbola Indonesia Kurang Berkembang

7 Alasan Sepakbola Indonesia Kurang Berkembang

7 Alasan Sepakbola Indonesia Kurang Berkembang

Ada begitu banyak jenis olahraga yang pastinya menjadi favorit bagi masyarakat Indonesia, namun hingga saat ini, pamor olahraga sepakbola belum terkalahkan dengan olahraga yang lainnya. Sepakbola memang selalu menjadi salah satu jenis olahraga favorit dikalangan masyarakat Indonesia. Tentu saja, jenis olahraga ini memang menjadi salah satu olahraga favorit tidak hanya di Indoensia tetapi juga di seluruh dunia. Pastinya, banyak dari kita yang juga rajin mengikuti berita olahraga terlebih berita sepakbolah baik itu berita sepakbola dunia maupun berita sepakbola dalam negeri atau berita berita sepakbola nasional.

Hal ini terlebih menjadi hal menarik yang dilakukan oleh mereka yang benar-benar mencintai sepakbola.

Beragam hal menarik yang terjadi di dunia sepak bola menjadi hiburan tersendiri, terlebih mengenai sepakbola nasional. Ada begitu banyak hal menarik yang bisa dilakukan untuk menikmati olahraga sepakbola ini, salah satunya ialah dengan menikmati perkembangan dan berita sepakbola terkini, baik itu sepakbola dunia maupun sepakbola nasional. Sepak bola nasional memang cukup menarik juga untuk diikuti terlebih disaat momen-momen pertandingan melawan tim sepak bola negara lain. Namun, kita tidak dapat memungkiri bahwa dunia persepoakbolaan di Indonesia kurang berkembang. Tidak heran jika sepakbola Indonesia masih stuck disitu-situ saja. Bahkan, dapat dikatakan bahwa dewasa ini, sepakbola nasional atau sepak bola Indonesia cenderung mengalami penurunan. Pastinya ada beberapa alasan sepak bola di Indonesia menjadi kurang berkembang. Setiap individu yang menyukai dunia sepak bola pasti memiliki opini dan hipotesa masing-masing mengenai kondisi persepakbolaan di Indonesia, termasuk alasan mengapa sepak bola di Indonesia kurang berkembang hingga saat ini.

Pastinya dengan menganalisa hal-hal yang terjadi pada sepakbola di Indonesia, dapat dijadikan suatu acuan mengapa sepakbola di Negara kita ini kurang berkembang dengan baik dan cenderung stuck dengan posisi seperti itu saja setiap tahunnya dan bahkan mengalami penurunan pada beberapa tahun terakhir ini.

Jika kita berbicara tentang problematika sepakbola di Indonesia, pasti tidak ada habisnya. Ada banyak sekali faktor yang sangat berpengaruh pada hal tersebut. Pada kesempatan ini, kita akan membahas tentang beberapa alasan mengapa sepak bola di Negara kita ini tidak berkembang dengan baik dan cenderung mengalami kemunduran. Adapun beberapa alasan mengapa epak bola di Indonesia kurang berkembang, diantaranya akan dibahas di bawah ini:

  1. Kurangnya dukungan

Kurangnya support atau dukungan menjadi salah satu faktor mengapa sepak bola di Indonesia ini memang kurang atau bahkan tidak berkembang. Dukungan atau support yang dimaksud di sini, maksudnya adalah dukungan moral dan juga finansial. Pemerintah pun kurang mendukung beragam program yang dapat membantu berkembangnya sepak bola di Indonesia.

  1. Minimnya pengelolaan klub

Selain faktor di atas, kurangnya pengelolaan klub sepak bola juga menjadi salah satu alasan mengapa di Indonesia, olahraga ini kurang berkembang. Baik itu dari segi fasilitas, management, maupun dari segi system harus benar-benar dikelola dengan baik karena hal ini sangat berdampak pada para pemain.

  1. Fasilitas sepakbola yang kurang mendukung

Fasilitas menjadi salah satu faktor yang cukup berpengaruh pada sepak bola di Negara kita. Tidak dapat dipungkiri bahwa fasilitas sepakbola tersebut masih jauh dari kata baik.

  1. Kurang profesionalnya organisasi yang terkait

Selain faktor dari klub sepak bola, faktor dari organisasi yang terkait dengan sepak bola di Indonesia juga kurang professional dalam memanage dan mengelola sepak bola di Indonesia. Hal ini dikarenakan oragnisasi tersebut benar-benar menjadi faktor utama bagi perkembangan sepak bola di Negara kita.

  1. Kurangnya penggalian potensi sejak dini

Penggalian potensi pada pemain atau calon pemain perlu dilakukan sejak dini dan di Negara kita, hal itu kurang diperhatikan. Dapat kita lihat bahwa fasilitas dalam penggalian potensi sepakbola sejak dini kurang diperhatikan.

  1. Faktor kesadaran para pemain

Selain faktor-faktor di atas, kesadaran para pemain sepak bola di Indonesia juga cenderung kurang. Banyak dari pemain sepakbola di Indonesia yang kurang memperhatikan kondisi tubuh atau kondisi mereka, misalnya saja dengan tetap memiliki kebiasaan yang kurang baik bagi kesehatan seperti seringnya begadang, merokok, makan makanan dan minuman yang tidak sehat, dan sebagainya.

  1. Supporter pendukung yang tidak koperatif serta tidak sportif

Faktor selanjutnya ialah faktor dari supporter atau fans pendukung tim. Banyak dari supporter sepakbola yang bersikap anarkis, dan tentu saja hal ini sangat berpengaruh pada maju atau tidaknya sepakbola Negara kita ini.

Beberapa faktor di atas menjadi beberapa alasan mengapa sepak bola di Indonesia tidaklah berkembang dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

INFORMASIONLINE.NET © 2016 Frontier Theme
error: Content is protected !!